Tingkatkan Kesadaran Civitas Akan Kesiapsiagaan Bencana, Unimas Gelar Sosialisasi dan Simulasi

Minggu,30 April 2024 - 02:31:51 WIB
Dibaca: 103 kali

unimas.ac.id | Mojokerto - Universitas Mayjen Sungkono (Unimas) menggelar Sosialisasi dan Simulasi Penyelamatan Diri dan Evakuasi Mandiri dalam rangka Hari Kesiapsiagaan Bencana pada Selasa (30/04/2024) di Aula Fakultas Ekonomi Unimas.

Sosialisasi dan Simulasi Penyelamatan Diri dan Evakuasi Mandiri di Universitas Mayjen Sungkono melibatkan Pimpinan, Tenaga Kependidikan, Mahasiswa dan Petugas Keamanan Universitas.

Rektor Unimas, Ir. Budi Utomo, M.MA menjelaskan bahwa kegiatan hari ini adalah bertepatan dengan Hari Kesiapsiagaan Bencana sebagai bentuk dukungan mitigasi dan kesiapsiagaan terhadap bencana.

Pencegahan merupakan unsur terpenting dalam kesiapsiagaan menghadapi bencana. “Oleh karena itu, edukasi dan simulasi penyelamatan diri ini diperlukan untuk meningkatkan kesiapsiagaan guna mengurangi resiko kecelakaan dalam menghadapi bencana.” Imbuhnya.

Selain diberikan edukasi, civitas akademika di ajak serta untuk melakukan simulasi penyelamatan diri. 

Edukasi penyelamatan diri diberikan oleh Ketua Forum Pengurangan Resiko Bencana (FPRB) Kabupaten Mojokerto, Syaiful Anam, S.Ag. Menurutnya, latihan penyelamatan diri dan evakuasi membantu untuk meningkatkan respon dalam menghadapi bencana. 

“Kesiapsiagaan itu penting karena kita tidak tahu kapan terjadi bencana. Dengan diadakannya simulasi ini akan melatih diri kita agar memiliki respon yang baik saat terjadi bencana” jelas Syaiful Anam.

Dengan memiliki pengetahuan dan kesiapsiagaan bencana, diharapkan Universitas Mayjen Sungkono menjadi Kampus siaga bencana. (pop/pop)

 


Unimas Mojokerto || SIM Akademik Unimas Mojokerto || Elearning Unimas Mojokerto