KKN Sains Desa Tematik Tahun 2023

Minggu,17 Desember 2023 - 03:02:48 WIB
Dibaca: 761 kali

Mojokerto, unimas.ac.id - Universitas Mayjen Sungkono (UNIMAS) menyelenggarakan Kuliah Kerja Nyata Tahun Akademik 2022/2023. Sebanyak 492 mahasiswa dilepas untuk mengikuti kegiatan KKN Sains Tematik Desa Tahun 2023 yang tersebar di 20 Desa yang ada di Kecamatan Kemlagi, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur. Mahasiswa peserta KKN tersebut secara resmi dilepas oleh Rektor Unimas, Ir. Budi Utomo, MMA di halaman Kampus Unimas, Sabtu 9 Desember 2023.

Dalam arahannya, Rektor Unimas mengatakan bahwa kegiatan KKN ini sudah ada di dalam kurikulum setiap program studi dimana KKN ini merupakan kegiatan membangun desa dan bersentuhan langsung dengan masyarakat.” ujarnya.

Ia berpesan kepada seluruh peserta KKN agar mampu bersinergi dengan warga setempat untuk memberikan kontribusi dalam membangun desa di bawah bimbinan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL). Selain itu, beliau juga mengingatkan kepada mahasiswa agar lebih bijak dalam menggunakan sosial media.

Setelah membuka acara, Rektor Unimas memasangkan atribut peserta KKN kepada perwakilan mahasiswa peserta KKN sebagai simbolis dilepasnya mahasiswa KKN.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Panitia KKN, Oktaviana Permatasari, SE., MM menyampaikan bahwa kegiatan KKN Sains Tematik Desa ini dilaksanakan dari tanggal 9 Desember sampai dengan 16 Desember 2023. Selama 1 minggu peserta di wajibkan untuk Menyusun program kerja selama berada di desa, kemudian mengevaluasi hasil dari program kerjanya di dampingi dengan masing-masing DPL.

Adapun beberapa program kerja menarik dari beberapa kelompok yang sudah terlaksana antara lain, penanaman pohon di beberapa wilayah, penyuluhan, kursus, mengajar di beberapa sekolah, dan masih banyak lagi.

 

Mahasiswa mengaku senang saat berada di kecamatan kemlagi. Selain menambah ilmu, keterampilan, mahasiswa juga mendapat keluarga baru yakni warga desa.

Penutupan KKN dilaksanakan pada tanggal 16 Desember 2023 di Wisata Eco Waduk Kemlagi

Acara kemudian secara resmi ditutup oleh Rektor Unimas. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan ucapan terima kasih kepada warga kecamatan kemlagi atas sambutannya yang begitu baik dalam menjamu, membimbing mahasiswa peserta KKN. Tak lupa beliau juga mengucapkankan permohonan maaf, apabila selama kegiatan KKN berlangsung ada perilaku dan ucapan dari peserta maupun panitia yang kurang berkenan.

Selanjutnya, camat kemlagi menyerahkan kembali peserta KKN kepada Unimas. Dalam sambutannya beliau mengucapkan terima kasih kepada Universitas Mayjen Sungkono yang telah memilih wilayah Kecamatan Kemlagi. Beliau juga berharap agar sinergitas ini terus berlanjut di tahun tahun berikutnya.

Acara kemudian ditutup dengan hiburan.

 

Tim liputan Unimas, mengabarkan. (pop/pop)


Unimas Mojokerto || SIM Akademik Unimas Mojokerto || Elearning Unimas Mojokerto